Banjir Pujian Kepala Desa Mewarnai Penjemputan Mahasiswa KKN Tematik STKIP Nurul Huda

Stkipnews. Penjemputan mahasiswa KKN Tematik STKIP Nurul Huda serentak dilaksanakan tanggal 23 Agustus, Senin (23/08). KKN Tematik yang dilaksanakan mulai tanggal 23 Juli – 23 Agustus menyisakan kesan positif bagi sivitas akademik STKIP Nurul Huda. Banjir pujian pun mewarnai penjemputan para peserta KKN Tematik yang dilaksanakan di 40 desa dalam wilayah Kabupaten OKU Timur.   

Hasil pantauan dan monitoring yang dilakukan oleh para Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) selama kegiatan KKN berlangsung menyebutkan bahwa kegiatan KKN Tematik tahun ini berdampak positif bagi masyarakat, lebih-lebih dalam masa pandemi saat ini. Program-program mahasiswa seperti sosialisasi penanggulangan dan pencegahan pandemi covid 19 bagi masyarakat, penguatan pembelajaran daring kepada guru, pendampingan pembelajaran daring siswa, pendampingan orang tua dalam membimbing anak melalui pembelajaran daring, membuat media pembelajaran untuk siswa di masa pandemi, penguatan dan pendampingan dalam inovasi produk home industry masyarakat, pendampingan dan penggalian kreativitas ibu-ibu rumah tangga, dan masih banyak program-program KKN Tematik yang dilaksanakan oleh para mahasiswa yang berdampak positif dan hasilnya pun dapat dirasakan langsung oleh masyarakat.

Beberapa kepala desa memuji kegiatan KKN Tematik yang diselenggarakan oleh STKIP Nurul Huda OKU Timur. Seperti kesan yang disampaikan oleh Kepala Desa Mudasentosa, Basuki Rahmad “Desa sangat terbantu dengan kehadiran mahasiswa KKN, pengenya sih KKN nya diadakan sampai Desember” pungkasnya sambil tersenyum.

Penyerahan Cinderamata di Desa Sido Mulyo

Kesan positif juga disampaikan oleh Kepala Desa Srikaton, Yoni Bakti, SE “Kami berterima kasih sekali atas apa yang telah dilaksanakan oleh mahasiswa KKN, lebih-lebih membantu masyarakat yang berdampak pandemi. Silahkan jika kampus akan mengadakan KKN kembali di Desa Srikaton, kami sangat welcome. Sebagai apresiasi terhadap mahasiswa KKN kami membuka lowongan magang, silahkan mahasiswa KKN mengajukan lamaran dan cv nya” tuturnya.

Hal senada juga disampaikan oleh Rohman Kepala Desa Banyumas Asri, kegiatan KKN Tematik waktunya kurang lama, mereka sangat menginginkan adanya mahasiswa KKN di desa tersebut jika STKIP Nurul Huda menyelenggarakan KKN lagi, program-programnya juga sangat membantu masyarakat dan pemerintah desa.

Penyerahan Cinderamata di Desa Lubuk Harjo

Lain lagi dengan kesan yang disampaikan oleh Tamrin Ardiansyah, S.Kom yang merupakan Kepala Desa Karang Binangun mengatakan, mahasiswa peserta KKN Tematik STKIP Nurul Huda memiliki tata krama yang bagus, sopan santun, dan program-program KKN nya telah banyak membntu dalam bidang pendidikan dan pemberdayaan masyarakat, bahkan beliau memberi dua acungan jempol atas apa yang telak dilaksanakan oleh mahasiswa KKN.

Kesan yang sama disampaikan oleh Rojab Kepala Desa Nusa Tenggara, anak-anak peserta KKN Tematik STKIP Nurul Huda sangat santun, aktif dalam berbagai kegiatan desa dan programnya sangat membantu masyarakat di tengah pandemi covid saat ini.

Penyerahan Cinderamata di Desa Tambak Boyo

Sukirno Kepala Desa Sumber Agung Kec. Belitang Jaya juga memberikan apresiasi untuk mahasiswa KKN Tematik STKIP Nurul Huda dan memuji program kerja dalam bidang pendidikan dan pemberdayaan masyarakat sangat membatu.

“Kami perangkat desa ingin meneruskan apa yang telah menjadi projek mahasiswa. Kami juga minta bantuan mahasiswa dalam pendampingan pelatihan komputer untuk para pemuda juga ibu-ibu PKK Desa Sumber Agung, serta pelatihan pembuatan serbuk jahe” pungkas Sukirno.

Kepala Desa Kumpul Mulyo Kec. Perjaya Barat, Suryono juga memberikan kesan positif, beliau mengatakan bahwa program KKN Tematik STKIP Nurul Huda sangat nyata di tengah masyarakat, lebih-lebih di masa pandemi saat ini.

Kesan positif juga disampaikan oleh Syaikodin yang merupakan Kepala Desa Sukaraja yang mengatakan, kegiatan KKN Tematik sangat membantu masyarakat dan pemerintah desa. Beliau berharap ada kegiatan KKN Tematik pada periode yang akan datang yang dilaksanakan kembali di Desa Sukaraja.

Penyerahan Cinderamata di Desa Tambak Boyo

Hasil liputan reporter menyebutkan, desa-desa yang menjadi tempat kegiatan KKN Tematik memberikan kesan positif baik kesan masyarakatnya maupun kesan kepala desa dan juga perangkat desanya. Desa juga mengapresiasi program kerja mahasiswa KKN Tematik yang sangat membantu masyarakat dan pemerintah desa di masa pandemi saat ini. 

Dihubungi secara terpisah, Ketua STKIP Nurul Huda OKU Timur mengucapkan rasa terima kasihnya kepada seluruh kepala desa yang sudah berkenan menjadi mitra dalam kegiatan KKN Tematik.

“Kami berharap jalinan kerja sama ini bisa terus dilanjutkan, tidak hanya sebatas dalam kegiatan KKN saja tetapi kedepanya bisa dalam bentuk kegiatan-kegiatan yang lainya seperti dalam bentuk pengabdian dosen ataupun juga penelitian” terang Imam Rodin yang dihubungi via selular. (Romy)

Default image
Admin
Articles: 30

Leave a Reply