Kaleidoskop Ramadhan: Mahasiswa Prodi PBI Berikan Pembelajaran Public Speaking pada Anak

Belajar merupakan suatu kewajiban yang harus dilaksanakan oleh semua orang, mulai sejak dilahirkan hingga akhir hayat. Selain itu, semua Warga Negara Indonesia juga berhak untuk mendapatkan kemerdekaan belajar, baik dalam pendidikan formal maupun non-formal.

Menyikapi hal tersebut, mahasiwa Prodi Pendidikan Bahasa Inggris (PBI) STKIP Nurul Huda yang didampingi oleh Eka Agustina dan Nia Kurniati melaksanakan PKM atau Program Kreativitas Mahasiswa dengan fokus pada proses pembelajaran Bahasa Inggris kepada anak-anak yang tinggal di dusun-dusun dengan persentase pendidikan yang masih kurang dan minimnya niat penduduk untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang SMA hingga perguruan tinggi.

Aktivitas Mahasiswa dalam Memberikan Pembelajaran Publik Speaking

PKM yang terangkum dalam kegiatan safari ramadhan kali ini mengambil objeknya di Desa Tebing Sari Mulya dan Desa Sukaraja.

Nia Kurniati yang merupakan salah satu dosen pendamping memberikan penjelasan bahwa kegiatan ini terangkum dalam safari ramadhan karena beberapa hal, yaitu pertama masyarakat lebih mengenal dan memahami safari ramadhan daripada PKM. Kedua, kegiatan PKM dilaksanakan masih dalam nuansa ramadhan dan kebetulan juga bertepatan dengan Hari Pendidikan Nasional.

“Walaupun kegiatan ini dibungkus dalam nuansa safari ramadhan, namun kegiatan ini bukan hanya berfokus pada kegiatan-kegiatan yang bernuansa religi saja seperti tadarus atau tarawih berjama’ah, akan tetapi lebih fokus pada pembelajaran Bahasa Inggris guna melatih public speaking anak-anak” tambah Nia yang merupakan salah satu dosen muda di Prodi PBI.

Antusias Peserta dalam Pembelajaran Publik Speaking

Kegiatan pembelajaran ini dilaksanakan selama 2 pekan di 2 dusun yang berbeda. Pekan pertama, dilaksanakan di Dusun Lebak Gabus Desa Tebing Sari Mulya BK 10 Belitang Madang Raya yaitu pada tanggal 28 – 29 April 2021. Kegiatan ini mendapatkan respon yang luar biasa dari masyarakat, terbukti kegiatan tersebut banyak diikuti oleh anak-anak dusun tersebut yaitu 63 siswa SD dan 4 siswa SMP. Sedangkan pekan kedua, diadakan di Dusun Kemang Desa Sukaraja Buay Madang pada tanggal 4 – 5 Mei 2021. Diikuti 5 siswa SD, 6 siswa SMP, dan 2 siswa SMA.

Materi yang diberikan kepada siswa tingkat SD meliputi alphabeth, number, dan introduction. Sedangkat siswa tingkat SMP dan SMA diberikan materi yang sama, yaitu; telling story dan daily activity.

Hasil pantauan dosen pendamping bahwa siswa terlihat sangat antusias dan semangat dalam mengikuti pembelajaran Bahasa Inggris mulai awal hingga akhir pembelajaran. Selain itu, warga sekitar juga sangat bahagia dan memberikan apresiasi yang besar atas terlaksananya pembelajaran Bahasa Inggris bagi anak-anak di kedua dusun tersebut.

Sebagai penutup kegiatan safari ramadhan tersebut, diadakanlah peringatan Nuzulul Qur’an. Puncak acara tersebut diikuti oleh mahasiswa, dosen dan masyarakat sekitar yang juga dihadiri oleh perangkat desa dan tokoh agama setempat.

Mahasiswa bersama Anak-anak Peserta Kegiatan

Kaprodi Pendidikan Bahasa Inggris, Eka Agustina, M.Pd yang dalam hal ini juga sebagai dosen pendamping mahasiswa dalam kegiatan tersebut mengatakan bahwa kesan ataupun juga respon yang disampaikan oleh anak-anak dan masyarakat sangat baik, mereka berharap kedepannya pembelajaran seperti ini bisa dilaksanakan kembali dalam durasi waktu yang lebih lama, bahkan mereka juga berharap kampus STKIP Nurul Huda bersedia mengirimkan mahasiswanya untuk membantu pendidikan di kedua dusun tersebut.

“InsyaAllah program seperti ini akan terus kami lanjutkan kedepanya, sebagai bentuk pengabdian kami sivitas akademika STKIP dalam membangun generasi muda yang unggul di OKU Timur” tegas Eka di sela-sela kesibukanya. (Retno)

Default image
Romdloni
Articles: 0

Leave a Reply