Olah Data

Pendidikan formal yang ada dalam masyarakat semakin bergerak dinamis seiring dengan laju perekonomian dan pertumbuhan sosial kemasyarakatan. Tuntutan dihasilkannya sarjana yang mampu bersaing dan menjadi penutan didalam masyarakat menjadi tugas yang harus dicapai setiap perguruan tinggi. Semakin banyaknya perguruan tinggi, menjadikan pilihan bagi setiap masyarakat untuk memilih tempat kuliah. Tentunya ini semakin menjadi motivasi setiap perguruan tinggi untuk mampu menyediakan fasilitas yang paling sesuai dengan kebutuhan masyarakat.
Program Studi Pendidikan Ekonomi Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan Nurul Huda menjadi salah satu pusat studi Strata Satu yang ada di Kabupaten Ogan Komering Ulu Timur dalam kajian pendidikan dan Ekonomi. Setiap tahunnya prodi. Pendidikan Ekonomi memperoleh mahasiwa dengan jumlah yang dapat dikatakan berada pada kategori atas dibanding dengan program studi lainnya. Hal ini tentu membuat iklim akademisi di Prodi. Pendidikan Ekonomi semakin terasa manakala didukung dengan adanya fasilitas yang memadai bagi mahasiswa itu sendiri. Adapun fasilitas yang dapat diberikan tentunya tidak hanya cukup ruang dan dosen pengajar, melainkan fasilitas diluar kegiatan belajar namun dibutuhkan untuk menunjang hasil belajar agar lebih maksimal.
Mahasiswa yang membutuhkan fasilitas bukan hanya mereka yang ada disemester awal melainkan mereka juga yang sedang berada di semester akhir. Pada tahap ini mahasiswa berada pada posisi dimana bantuan pemikiran sangat dibutuhkan untuk mendukung terselesaikannya tugas akhir atau skripsi yang sedang dikerjakan. Pengolahan data adalah hal yang banyak dibutuhkan mahasiswa pada saat penyelesaian skripsi. Pada tahap ini, banyak diantara mereka yang menggnakan jasa luar sehingga tidak terpantau bagaimana keaslian data serta ketepatan pengolahan data yang dilakukan. Bantuan pengolahan data menjadi salah satu upaya yang dapat diberikan pada mahasiswa agar supaya pengerjaan yang dilakukan dapat terselesaikan sesuai dengan kaidah ilmiah.
Adanya pengolahan data didasarkan juga pada Peraturan Mentri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 49 Tahun 2014 tentang Standard Nasional Pendidikan Tinggi dan Peraturan Direktur Jendral Pendidikan Tinggi Nomor 1 Tahun 2014. Selain daripada itu adanya, manfaat yang dapat diberikan diantaranya :
 Menghindari data fiktif dari hasil karya ilmiah.
 Pengontrolan terhadap ketepatan dan kesesuaian alat ukur yang digunakan.
 Sebagai sumber lain dalam menunjang laju kegiatan akademis kampus.
Uraian di atas melatar belakangi didirikannya sebuah Pusat Olah Data. Pendirian ini di Prodi. Pendidikan Ekonomi tentunya akan memiliki andil dalam mendukung kemajuan Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan Nurul Huda agar menghasilkan para cendekia yang mampu berkompetisi dan berakhlakul karimah.

ISI
1. Penamaan
Layanan olah data Prodi. Pendidikan Ekonomi diberi nama “PUSAT OLAH DATA”

2. Kelembagaan Penerbit
PUSAT OLAH DATA berada dibawah naungan Kepala Prodi. Pendidikan Ekonomi STKIP Nurul Huda Sukaraja yang beralamat di:
Alamat : Jl. Kotabaru
Desa : Sukaraja
Kecamatan : Buay Madang
Kabupaten : Ogan Komering Ulu Timur
Provinsi : Sumatera Selatan
Kode Pos : 32161

3. Pelaksana
a. Pimpinan pelaksana
Penanggung Jawab : Tri Susilo, S.Si
Sekretaris : Eka Marwati, M.Psi.
Bendahara : Vovi Shinta, M.E
b. Asisten pelaksana
Asisten 1 : Mahasiswa
Asisten 2 : Mahasiswa
Asisten 3 : Mahasiswa
Asisten 4 : Mahasiswa

4. Pelayanan
– PUSAT OLAH DATA memberikan pelayanan yang berhubungan dengan pengolahan data terutama mahasiswa yang sedang menyelesaikan tugas akhir (Skripsi). Adapun layanan yang diberikan antara lain pengolahan uji instrumen, analisis data dan uji hipotesis serta konsultasi hasil.
– Layanan PUSAT OLAH DATA dapat dimanfaatkan oleh masyarakat umum dan mahasiswa STKIP Nurul Huda, terutama Prodi. Pendidikan Ekonomi.

5. Perlengkapan
No. Alat Jumlah Harga
1 Perangkat Komputer 1 3.500.000
2 Printer Epson T100 1 1.500.000
3 Kertas A4 1 50.000
4 ATK 300.000
5 Stempel PUSAT OLAH DATA 1 150.000
6 Ruang Kerja 1 –
7 Meja Pengolahan 1 –
8 Meja Administrasi 1 –
9 Kursi 6 –
Jumlah 5.500.000

6. Perhitungan Tarif Layanan
Uji Instrumen = 10 x jumlah soal x jumlah subjek + 20000
Analisis = jenis analisis x 10000 + 30000
Keterangan angka:
10 : nilai rupiah setiap aitem soal
20000 : nilai rupiah jasa pengolahan
30000 : nilai rupiah retribusi

7. Kegiatan
a. Pelaksanaan dilakukan setiap jam kerja
b. Pengolahan dilakukan oleh asisten yang merupakan mahasiswa semester akhir dan telah mendapatkan pelatihan dan bimbingan dari penanggung jawab
c. Konsultasi diberikan bagi yang menghendaki dengan dikenakan biaya tambahan Rp. 20.000