Perpustakaan Prodi Ekonomi

Pendidikan formal yang ada dalam masyarakat semakin bergerak dinamis seiring dengan laju perekonomian dan pertumbuhan sosial kemasyarakatan. Tuntutan dihasilkannya sarjana yang mampu bersaing dan menjadi penutan didalam masyarakat menjadi tugas yang harus dicapai setiap perguruan tinggi. Semakin banyaknya perguruan tinggi, menjadikan pilihan bagi setiap masyarakat untuk memilih tempat kuliah. Tentunya ini semakin menjadi motivasi setiap perguruan tinggi untuk mampu menyediakan fasilitas yang paling sesuai dengan kebutuhan masyarakat.

Program Studi Pendidikan Ekonomi Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan Nurul Huda menjadi salah satu pusat studi Strata Satu yang ada di Kabupaten Ogan Komering Ulu Timur dalam kajian pendidikan dan Ekonomi. Setiap tahunnya prodi. Pendidikan Ekonomi memperoleh mahasiwa dengan jumlah yang dapat dikatakan berada pada kategori atas dibanding dengan program studi lainnya. Hal ini tentu membuat iklim akademisi di Prodi. Pendidikan Ekonomi semakin terasa manakala didukung dengan adanya fasilitas yang memadai bagi mahasiswa itu sendiri. Adapun fasilitas yang dapat diberikan tentunya tidak hanya cukup ruang dan dosen pengajar, melainkan fasilitas diluar kegiatan belajar namun dibutuhkan untuk menunjang hasil belajar agar lebih maksimal.

Implementasi komitmen pemerintah dalam rangka mewujudkan layanan pendidikan yang bermutu dan merata bagi masyarakat diantaranya berwujud dalam bentuk peningkaan kualitas sarana dan prasarana pendidikan, termasuk pembangunan gedung perpustakaan.

Perpustakaan merupakan jantungnya ilmu pengetahuan di perguruan tinggi. Perpustakaan adalah pusat pembelajaran mahasiswa, peran dan fungsi perpustakaan sangat penting bagi mahasiswa di perguruan tinggi sebagai bahan referensi dalam membantu kelancaran menyelesaikan tugas-tugas perkuliahan. Kondisi perpustakaan yang tidak memadai dapat menyebabkan turunnya minat baca para mahasiswa.

Program studi pendidikan ekonomi merupakan salah satu program studi yang ada di STKIP Nurul Huda yang sampai saat ini belum memiliki perpustakaan prodi. Sehingga program studi pendidikan ekonomi belum dapat memenuhi salah satu standar akreditasi yang mensyaratkan bahwa program studi pendidikan ekonomi harus memiliki perpustakaan prodi. Oleh karena itu kami bermaksud untuk mohon bantuan atau subsidi untuk pendirian perpustakaan program studi pendidikan ekonomi kepada Ketua STKIP Nurul Huda untuk Tahun Akademik 2017.

 

  1. Tujuan
  2. Menyediakan ruang Perpustakaan Program Studi untuk mendukung proses pembelajaran dan perkuliahan yang berkualitas.
  3. Meningkatkan pengetahuan dan pencapaian kompetensi (prestasi) maha
  4. Mewujudkan penyelenggaraan perkuliahan yang mandiri berdasarkan prinsip-prinsip manajemen STKIP Nurul Huda.
  5. Mendorong peran serta masyarakat dalam penyelenggaraan pendidikan nasional yang bermutu melalui pencapaian Standar Nasional Pendidikan.

 

  1. Manfaat
  2. Proses pembelajaran dan perkuliahan berjalan dengan lancar dan berkualitas.
  3. Pengetahuan, kompetensi dan prestasi mahasiswa meningkat.
  4. Menjadi program studi yang mandiri.
  5. Program studi dapat memenuhi standar akreditasi.

 

  1. Jam Pelayanan

Pelayanan perpustakaan dilakukan di jam kerja yakni 13.00 – 17.00 WIB. Bertempat di kantor Prodi. Pendidikan Ekonomi STKIP Nurul Huda berlokasi di Kampus B desa Sukaraja, kecamatan Buay Madang, OKU Timur Sumatera Selatan.

  1. Sumber Dana
  2. Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah STKIP Nurul Huda.
  3. Sumber dana pendukung lainnya yang sesuai.

 

  1. Analisis Kebutuhan Sarana dan Prasarana
  2. Sarana dan prasarana perpustakaan yang diperlukan berdasarkan analisis kebutuhan adalah:
    1. Ruang Perpustakaan.
    2. Meja dan Kursi Baca.
    3. 500 Judul Buku Referensi.
    4. Tenaga pengelola
  3. Sarana dan prasarana perpustakaan yang sudah dimiliki adalah:
  4. Ruang Kantor Program Studi yang akan digunakan sebagai perpustakaan prodi.
  5. Lemari dan Etalase Buku.
  6. 150 Judul Buku Referensi.
  7. Sarana dan Prasarana yang belum dimiliki atau kurang memadai dan perlu diadakan, adalah:
  8. Meja dan Kursi Baca.
  9. 350 Judul Buku Referensi.
  10. Tenaga Pengelola.