PMB Gelombang 2, Banyak Sediakan Beasiswa

Stkipnews. Dengan dilaksanakanya ujian/tes PMB (Penerimaan Mahasiswa Baru) pada tanggal 31 Maret 2021, maka pendaftaran PMB gelombang 1 resmi ditutup. Namun masyarakat yang ingin menguliahkan anaknya ke STKIP tak perlu khawatir, karena pendaftaran PMB gelombang 2 sudah dibuka sejak 1 April sampai 28 Juni 2021.  

Hal ini dijelaskan oleh Wakil Ketua III, M. Muklas, M.Pd di sela-sela kesibukanya, Sabtu (10/4) bahwa PMB tahun ini akan dibagi menjadi 3 gelombang seperti tahun-tahun sebelumnya. Gelombang 1 dimulai tanggal 4 Januari – 29 Maret 2021, gelombang 2 tanggal 1 April – 28 Juni 2021, dan gelombang 3 dimulai tanggal 1 Juli – 22 Agustus 2021.

“Alhamdulillah seleksi PMB untuk gelombang 1 sudah kita laksanakan, ada sekitar 250 an pendaftar. Nah, untuk gelombang 2 ini kita berharap akan lebih banyak lagi calon mahasiswa yang mendaftar.” ujarnya.

Menurut Muklas pendaftaran gelombang 2 ini memberikan keringanan kepada calon mahasiswa berupa potongan biaya uang gedung sebesar 50%. STKIP Nurul Huda juga menyediakan berbagai macam beasiswa seperti beasiswa KIP Kuliah, beasiswa KIP Kemenag, beasiswa UKT (Uang Kuliah Tunggal/SPP), beasiswa Baznas Pusat, beasiswa Baznas Kabupaten OKU Timur, beasiswa yayasan, beasiswa UPZ (Unit Pengelola Zakat), beasiswa Tahfidz dan beasiswa-beasiswa yang lain.   

Wakil Ketua III Rapat Koordinasi dengan Panitia PMB

Dosen yang juga mengajar di Prodi Pendidikan Bahasa Inggris tersebut menjelaskan bahwa, tercatat tahun lalu ada 144 kuota beasiswa KIP Kuliah namun yang terserap hanya 84 mahasiswa, beasiswa ini sifatnya full scholarship (beasiswa penuh) artinya seluruh biaya pendidikan ditanggung oleh pemerintah bahkan mahasiswa juga mendapatkan biaya hidup untuk tiap bulanya. Sedangkan untuk UKT sekitar 525 mahasiswa telah memperoleh beasiswa tersebut.

“Baru-baru ini kita juga mendapatkan 10 kuota beasiswa dari Baznas pusat, 10 kuota beasiswa Baznas Kabupaten OKU Timur, dan 10 kuota beasiswa KIP Kuliah Kemenag.” sambung Muklas.

Menurutnya kampus STKIP Nurul Huda adalah kampus yang memberikan kemudahan kepada mahasiswa dalam hal kuliah yang sifatnya administratif. Ini terbukti ketika mahasiswa misalnya belum mampu membayar SPP, maka mahasiswa diberikan kesempatan untuk mencicilnya. “Intinya kami akan berusaha semaksimal mungkin demi lancarnya studi para mahasiswa dan juga kami akan memberikan kesempatan kepada anak-anak yang punya niat kuliah untuk mengenyam pendidikan tinggi.” tambahnya.

Di akhir penjelasan dia menyampaikan harapanya tahun akademik 2021/2022 semakin banyak calon mahasiswa yang mendaftar di STKIP Nurul Huda, dan semakin banyak pula mahasiswa yang terbantu dalam menggapai impian serta cita-citanya mengenyam pendidikan tinggi. (Romy)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*