Resep Sukses Publikasi Internasional Bereputasi

OKU Timur, 17/08/2020

STKIP Nurul Huda OKU Timur melalui LPPM sukses menggelar webinar sesi pertama dengan tema “Strategi Publikasi Internasional Bereputasi di Masa Pandemi”. Acara ini diawali oleh sambutan (welcoming speech) yang disampaikan oleh Ketua STKIP Nurul Huda, Dr (cand). H. Imam Rodin, M.Pd. Dalam sambutannya beliau menyampaikan ucapan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada panitia yang telah menyelenggarakan webinar series satu, tak lupa ketua juga menyampaikan terima kasih kepada peserta dan seluruh narasumber. Ketua berpesan agar LPPM terus berkomitmen untuk memberi kontribusi pada bidang publikasi melalui kegiatan webinar yang sangat bermanfaat bagi kalangan akademisi dan praktisi pendidikan.

Webinar series 1 ini menghadirkan para narasumber yang sudah berkompeten dibidangnya. Sebut saja Dr. Saprudin, M.Pd. Dosen Universitas Khairun – Maluku Utara yang sudah terindeks Scopus (Q2) dan Dr (cand). Rosmiati, M.Pd. Dosen STKIP Bima – NTB terindeks Scopus (Q1). Sedangkan satu narasumber dari internal kampus yaitu Widayanti, M.Pd. Dosen STKIP Nurul Huda yang sudah terindeks Scopus (Q2). Webinar ini dipandu oleh doktor baru dari Prodi Pendidikan Fisika, Dr. Arini Rosa Sinensis.

Selama webinar berlangsung, para pembicara memaparkan tips bagaimana cara menembus jurnal internasional bereputasi yang membuka wawasan luas kepada audiens. Narasumber pertama diawali oleh Widayanti, yang memaparkan secara teknis bagaimana cara membuat sebuah artikel supaya diterima dalam jurnal internasional bereputasi. Dosen alumnus S2 Pendidikan Fisika Unila Lampung ini menjelaskan elemen-elemen artikel yang harus diketahui audiens sebelum membuat sebuah artikel. Narasumber berikutnya Dr. Saprudin banyak menjelaskan teknik publish artikel pada jurnal internasional bereputasi. Sedangkan narasumber terakhir Rosmiati lebih memperkuat dari pemaparan narasumber sebelumnya, dan memberi tips untuk menembus jurnal internasional bereputasi diantaranya adanya niat, tekad, ikut pelatihan, banyak membaca artikel scopus Q1 dan Q2, menulis dengan percaya diri, cek di scimagojr.com, usahakan penerbit dari terbitan ternama seperti elsevier; sage; routledge; cambridge; springer; taylor & francis dan lain-lain, jurnal sesuai dengan bidang ilmu, proses submit, berdoa dengan sungguh, ikuti arahan editor dan cepat membalas email, revisi semua yang diinginkan reviewer, dan terakhir klik close access agar gratis.

Antusiasme begitu terasa dengan banyaknya partisipan yang mendaftar hingga banyaknya pertanyaan dari para peserta di saat webinar berlangsung. Ketua LPPM, Thoha Firdaus di akhir acara mengatakan bahwa “Acara webinar ini alhamdulillah sukses dengan dibuktikan jumlah peserta dan antusiasme para peserta yang mengajukan pertanyaan kepada para narasumber. Semoga kesuksesan akan diikuti oleh webinar selanjutnya”, ujarnya. (Romy)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*