Resmi Menjadi Universitas, Rektor Ajak Sujud Syukur

Stkipnews. Kabar gembira bagi seluruh masyarakat di Kabupaten OKU Timur dan sekitarnya, pasalnya kampus STKIP Nurul Huda secara resmi berubah menjadi universitas dengan terbitnya SK Kemendikbudristek Nomor 477/E/0/2021.

Perubahan ini sebenarnya sudah ditunggu-tunggu oleh segenap sivitas akademika, yang mempunyai harapan supaya kampus STKIP segera bertransformasi menjadi universitas. Proses demi proses telah dilalui oleh Tim Pengembang Institusi yang terdiri dari unsur yayasan, pengelola dan dosen.

Dengan terbitnya SK tersebut maka diadakanlah rapat koordinasi virtual, Rabu (10/11). Rapat yang dilaksanakan via google meet tersebut dipimpin langsung oleh Ketua STKIP Nurul Huda, H. Imam Rodin. Hadir secara virtual segenap sivitas akademika mulai dari unsur yayasan, unsur pimpinan, seluruh dosen dan pegawai.

Rapat Koordinasi Perubahan STKIP Menjadi Universitas

Dalam sambutanya, ketua menyampaikan ribuan terima kasih kepada seluruh pihak yang membantu pikiran dan tenaganya demi perubahan kampus menjadi universitas. Menurut beliau perubahan ini tidak terlepas juga dari doa seluruh sivitas akademika.

Ketua juga menyampaikan ajakan untuk bersyukur bersama-sama atas perubahan ini. “Saya pribadi sudah sujud syukur setelah terbit SK perubahan kampus ini, dan kami harapkan seluruh sivitas akademika juga melaksanakan sujud syukur sebagai ungkapan syukur kepada Allah atas perubahan kampus menjadi universitas” tegas Rodin dalam sambutanya.

Sekedar diketahui, bahwa Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pengetahuan (STKIP) Nurul Huda dimulai dengan pendirian Perguruan Tinggi Agama Islam (PTAIS) Nurul Huda Sukaraja berdasarkan hasil rapat pimpinan Yayasan Pendidikan Pondok Pesantren Nurul Huda Sukaraja pada tanggal 25 April 1996 dengan membuka dua fakultas, yaitu Fakultas Tarbiyah jurusan Pendidikan Agama Islam(PAI), dan Fakultas Dakwah jurusan Komunikasi Penyiaran Islam (KPI), namun animo masyarakat terhadap fakultas dakwah masih terbilang kurang. Selanjutnya pada tanggal 27 Mei 1998 mendapat izin operasional penyelenggaran Program Studi Pendidikan Agama Islam (PAI) jenjang Strata Satu (S.1) dengan nomor : E/120/1998 dengan nama Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah (STIT) Nurul Huda Sukaraja. Tanggal 18 Juni 2004 mendapat izin operasional kedua dengan nomor: DJ.II/177/2004. 

SK Perubahan STKIP Menjadi Universitas Nurul Huda

Pada tahun 2002 Kopertais Wilayah VII Sumbagsel memberikan izin penyelenggaraan dengan Nomor: XVII Tahun 2002, tahun akademik 2002/2003 sampai dengan tahun akademik 2005/2006 dengan nama Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah (STIT) Nurul Huda Sukaraja yang menyelenggarakan Program Diploma Dua (D.2) Pendidikan Guru Kelas MI/SD. Dengan izin operasional dari Dirjen Dikti Departemen Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor: 230/D/O/2007 tanggal 30 November 2007, dan SK Dirjen Pendidikan Islam Nomor: DJ.I/385/2008 tanggal 27 Oktober 2008, Nama Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah (STIT) Nurul Huda Sukaraja resmi berubah menjadi Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan (STKIP) Nurul Huda Sukaraja. Pada mulanya proses kegiatan pendidikan Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan (STKIP) Nurul Huda Sukaraja berpusat di kampus utama Sukaraja yang berada pada Jl. Kota Baru Sukaraja Buay Madang OKU Timur Sumatera Selatan yang terdapat 2 kampus; A dan B. Laju ekspansi STKIP Nurul Huda terus dilakukan. Hingga pada tahun 2013 STKIP Nurul Huda berkembang dengan menambah lokasi kegiatan pendidikan di kampus C Tanah Merah yang berada di Jl. Raya Tanah Merah Belitang Madang Raya OKU Timur Sumatera Selatan. 

Dan pada akhirnya bulan November tahun 2021 STKIP Nurul Huda secara resmi berubah menjadi UNIVERSITAS NURUL HUDA. (Rmy)

Default image
Admin
Articles: 31

5 Comments

  1. Alhamdulillah aku sendiri sebagai mahasiswa UNH sangat bahagia dulu saya sangat ingin lanjut pendidikan di universitas dan Alhamdulillah nya Allah mengijabah di’aku dengan mengubah STKIP Nurul Huda menjadi universitas Nurul Huda. Semoga maju terus dan semakin jaya untuk kedepannya

  2. Alhamdulilah syukur semoga kedepan tambah berkah dan semakin jaya lagi…
    Selamat Para Dosen dan staf untuk kerja kerasnya dan pengabdian nya membuahkan hasil yang memuaskan.

  3. Alhamdulillah, tak henti hentinya mengucap syukur, dengan berubahnya STKIP Nurul Huda, menjadi universitas Nurul Huda, tentunya kita juga tidak boleh lupa dengan perjuangan dan do’a para sesepuh pondok pesantren Nurul Huda, sehingga kita bisa merasakan barokahnya hingga hari ini…..

    “Bangsa yg besar adalah bangsa yg tidak melupakan sejarahnya” (ir.soekarno)

Leave a Reply