Kampus “Mewah”, Tembus Scopus

Stkipnews. Saat ini, satu poin penting dalam menjalankan fungsi tridharma perguruan tinggi adalah melaksanakan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat kemudian mempublikasikan hasil pemikiran dan analisisnya pada sebuah jurnal.

Merujuk Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN RB), Nomor 17 Tahun 2013, dan Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 92 Tahun 2014, bahwa kenaikan jenjang jabatan akademik dosen mewajibkan untuk publikasi pada jurnal ilmiah nasional terakreditasi dan jurnal internasional bereputasi di bidangnya. Kebijakan ini memberikan suatu arah agar publikasi ilmiah jabatan fungsional dosen di Indonesia terus ditingkatkan.

Ditemui di kantornya selepas acara monitoring dan evaluasi, Jum’at (28/5) Dr. Thoha Firdaus memaparkan bahwa saat ini jumlah publikasi dosen STKIP Nurul Huda terus meningkat. Diantara publikasi tersebut ada yang masuk ke jurnal nasional dengan peringkat sinta 4, sinta 3, sinta 2,  dan sinta 1. Bahkan diantaranya sudah tembus ke jurnal bereputasi internasional atau scopus.

“Publikasi dosen kita terus meningkat ya, dan alhamdulillah 6 dosen kita artikelnya sudah tembus scopus” ujar doktor yang baru saja menyelesaikan S3 di UPI Bandung ini.

Ketua LPPM, Dr. Thoha Firdaus Saat Memberikan Arahan dalam Kegiatan Monitoring dan Evaluasi

Pria yang diamanahi sebagai Ketua LPPM ini juga memberikan pesan untuk para dosen, agar memperbanyak penelitian dan pengabdian karena itu merupakan tanggung jawab dosen sebagai insan akademis, kemudian mempublikasikan hasilnya di jurnal-jurnal bereputasi baik skala nasional maupun internasional. Dosen juga diharapkan untuk sering mengikuti program hibah internal kampus maupun hibah dari pemerintah.

“Ada baiknya dosen melaksanakan penelitian dan pengabdian serta mempublikasikan hasilnya dengan berkolaborasi atau membentuk tim antar sesama dosen atau dengan mahasiswa, supaya semakin memperkaya ide dan gagasan-gagasan yang dihasilkan” sambung Dr. Thoha di sela-sela kesibukanya.

Lebih lanjut dia menjelaskan, bahwa saat ini jika dilihat di laman Sinta, STKIP Nurul Huda masuk jajaran kampus swasta yang memiliki banyak publikasi. Harapanya ke depan bisa masuk 100 besar jajaran kampus yang mempunyai banyak publikasi dosenya.    

Ketua STKIP Nurul Huda, H. Imam Rodin, M.Pd.

Sementara itu saat dihubungi secara terpisah melalui komunikasi selular, Ketua STKIP Nurul Huda H. Imam Rodin, M.Pd menyampaikan ucapan terima kasih dan rasa bangganya atas prestasi dan juga dedikasi para dosen yang telah melaksankan tanggung jawabnya sebagai pendidik dan juga turut memberikan aura akademis yang positif bagi kampus STKIP Nurul Huda. Harapanya ke depan lebih meningkat lagi dan berkualitas.

“Kampus kita ini termasuk kampus MEWAH (mepet sawah), hehe. Tapi alhamdulillah artikel dosenya udah ada yang tembus scopus, ini sangat luar biasa bagi saya.” ujar Ketua dengan bangganya. (Romy)

Default image
Romdloni
Articles: 16

Leave a Reply