Tingkatkan Jenjang Akademik, Dosen STKIP Pendampingan Aplikasi Sikito

Stkipnews. STKIP Nurul Huda menggelar Bimtek Aplikasi Sikito (Sistem Informasi Kepangkatan Jabatan Fungsional Online), terhadap puluhan dosen STKIP Nurul Huda, Kamis (10/06). Dalam bimtek tersebut, hadir sebagai narasumber Tim Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDikti) Wilayah II Sumatera Bagian Selatan (Sumbagsel). Hadir juga jajaran struktural kampus, Ketua, Wakil Ketua (1, 2 dan 3) dan Ketua LPPM.

Kegiatan Pendampingan Aplikasi Sikito

Dalam sambutanya Ketua STKIP Nurul Huda Imam Rodin mengatakan, kegiatan Pendampingan Aplikasi Sikito oleh LLDikti ini bertujuan untuk memberikan pelatihan kepada seluruh dosen dalam hal pengajuan JJA (Jenjang Jabatan Akademik) secara online. Dengan sistem online ini akan mempermudah para dosen dalam hal pengajuan kepangkatan akademik.

“Dengan pelatihan ini, harapanya ke depan akan lahir guru besar dari STKIP Nurul Huda ini, apalagi sebagian dosen ada yang sudah bergelar doktor dan jabatan fungsionalnya sudah lektor” ungkap Imam dengan penuh keyakinan.

Peserta Pendampingan bersama Narasumber

Senada dengan apa yang disampaikan Ketua, Ainurrohmah yang menjabat Wakil Ketua II juga menjelaskan bahwa kegiatan ini merupakan pendampingan dalam menggunakan aplikasi Sikito. Selain itu juga sebagai motivasi dosen untuk semangat mengurus JJA sampai ke jenjang yang tinggi. Utamanya adalah untuk meningkatkan kualitas dosen dengan karya-karya dan juga kewajiban tridharma yang sudah mereka laksanakan, karena yang ada di dalam aplikasi sikito merupakan hasil kerja dan karya dosen berupa pengajaran, penelitian dan pengabdian.

“Inikan sistem berbeda dengan dulu. Dulu pengajuan JJA secara offline sekarang by online. Semoga ini mempermudah dosen dalam hal pengajuan JJA. Terutama untuk kelengkapan-kelengkapan sertifikasi dosen (Serdos)” tambah wakil ketua yang membidangi masalah administrasi dan kepegawaian ini.

Peserta Pendampingan bersama Narasumber

Sementara, dari Tim Sikito LLDikti Wilayah II Sumbagsel mengungkapkan, tidak ada yang sulit dalam pelaporan ke Sikito. Kalau terdapat kesulitan bisa langsung menanyakan ke tim atau langsung ke kepala. Aplikasi Sikito juga memudahkan untuk tidak mengecek berkas kembali dan hanya dapat digunakan oleh dosen di wilayah II Sumbagsel. LLDikti Wilayah II sebagai pelayan kepada perguruan tinggi siap membantu dalam pengurusan jenjang akademik. Sikito merupakan aplikasi yang harus dipahami serta kuasai oleh semua dosen STKIP Nurul Huda tanpa terkecuali, harapanya pendampingan ini juga dapat memberi output terjadinya peningkatan secara signifikan terhadap JJA dosen. (Romy)

Default image
Romdloni
Articles: 0

Leave a Reply